Light Mini Choux

8:51 AM

Choux
Bentuknya yang kecil sekali hap membuat kue ini menjadi camilan yang pas disantap dengan secangkir teh hangat. 
Kue ini terdiri dari 2 adonan yaitu choux pastry (pâte choux) (pronounced: [pɑt a ʃu]dan crème légère atau pastry cream. Choux sendiri berasal dari Perancis. Adonan choux pastry dapat dibuat menjadi aneka kue seperti eclair, profiterolescroquembouches, churros dan di Indonesia biasa disebut kue sus. 

Kue sus yang memiliki lubang besar didalamnya bisa diisi dengan pastry cream aneka rasa. Tekstur pastry cream yang lembut dan choux yang ringan membuat camilan ini tidak mengenyangkan. Maka dari itu, choux ini dibuat versi mini sekali gigit (bite). Penasaran dengan resep kue asal perancis ini? 

Ingredients:
 A. pâte choux:
250g water - 1 1/4 cup
110g unsalted butter - 1/2 cup
pinch of salt
pinch of granulated sugar
140g all purpose flour
4 to 5 large eggs
B. crème légère (Pastry Cream)
240g heavy cream -1 cup 
120g granulated sugar divided in two - 1/2 cup total
4 large egg yolks
40g cornstarch - 4 tbsp
120g whole milk - 1/2 cup
C. Chocolate glaze:

55g bittersweet chocolate

2 tbsp heavy cream

1 tbsp water


Method:
Bahan A :
Panaskan oven sekitar 170-180C
Pipe a choux
Siapkan panci, masukkan air, mentega, garam dan gula. Panaskan (medium heat) hingga mentega meleleh matikan kompor. masukkan tepung dan aduk hingga rata. panaskan kembali hingga kandungan air didalamnya hilang. Matikan api, aduk hingga uap panasnya hilang lalu masukkan telur satu persatu, aduk menggunakan whisk hingga adonan dapat membentuk untaian pita (ribbon connecting the attachment to the bowl)
Siapkan loyang yang telah dilapisi kertas roti atau silpat. cetak menggunakan piping bag berbentuk bulat kecil. lalu masukkan kedalam oven.


Bahan B:
whisk
Pertama, campur heavy cream, gula dan susu kedalam sauce pan dan panaskan hingga simmering. sementar itu, aduk (whisk) kuning telur dan gula hingga tercampur rata lalu masukkan cornstarch dan aduk kembali. Masukkan campuran telur kedalam sauce pan milk sedikit demi sedikit. panaskan kembali sambil diaduk hingga boiling. angkat.

Bahan C:

Panaskan coklat, heavy cream dan air hingga coklat meleleh dan tercampur rata. lalu masukkan kedalam piping bag untuk membuat hiasan diatas kuenya.

Setelah semua matang, isi pate a choux dengan pastry cream lalu hias dengan coklat diatasnya. Sajikan. Camilan ini bisa disimpan beberapa hari di lemari es, jadi bisa untuk bekal anak ke sekolah dan camilan di sore hari. Yuk dicoba resepnya...Bon Appetit !

You Might Also Like

0 comments

Subscribe My Youtube Channel

Instagram