Orange Meringue Tartlet

1:27 PM



Tart atau Pie?
Mungkin untuk kebanyakan orang Indonesia biasa dengan sebutan pie.Orang Indonesia justru malah menyebut tart adalah cake (kue tart). Namun sebenarnya kue ini disebut dengan tart. Just FYI, Tart atau pie sebenarnya beda-beda tipis. Tart ialah adonan shortcrust pastry yang diatasnya polos alias tidak ditutup dengan adonan lagi. Umumnya tart mempunyai isian manis atau gurih. Versi mininya disebut dengan tartlet.



pie
Sedangkan Pie, crust pastry yang tertutup atau yang disebut dengan "traps". Isinya pun bisa manis atau gurih, namun pertama kali pie dibuat dengan isian daging dan keju. Nah, Kali ini, dessert yang akan saya bagikan yaitu tartlet. 
Sebelum saya membuat tartlet ini, saya melakukan riset referensi sederhana dari berbagai macam resep. Sebenarnya, resep shortcrust dan filling, saya ambil dari resep yang berbeda. walaupun beda, menurut saya resep ini menjadi kombinasi yang pas. Shortcrust yang flaky dan tidak gampang pecah dan keras diisi dengan campuran rasa orange yang lembut. Hmmm...Berikut resepnya.

Ingredients:

Shortcrust Pastry:
115 g tepung terigu
1/4 sdt garam
50 g mentega
1 sdm castor sugar
1 sdm air dingin

Cara membuat:
Campur tepung terigu, garam dan mentega sampai berbutir-butir. Masukkan gula dan uleni hingga kalis dan bisa digiling. setelah kalis, bungkus plastic wrap dan didinginkan di lemari es min 30 menit. setelah 30 menit, giling adonan dan cetak di cetakan tart/ pie. Tusuk-tusuk adonan yang telah dicetak dengan garpu lalu oven selama kurang lebih 10-15 menit 170C. 


Filling:
1 cup white sugar
2 tbsp flour
3 tbsp cornstarch
1/4 tsp salt
1 1/2 cups water
2 oranges juice and zested
2 tbsp butter
4 egg yolks, beaten

Direction:
In medium saucepan, campur gula, tepung, cornstartch, dan garam. aduk dengan air, orange juice and zest. masak dalam api medium sambil diaduk hingga boil. Aduk dengan butter. 
Kocok egg yolk di mangkuk bersama campuran gula diatas (temper). lalu kocok kembali kedalam campuran gula panaskan kembali hingga boil sambil terus diaduk hingga cukup kental. matikan api, angkat. 

Meringue:
Kocok putih telur dan gula dengan kecepatan tinggi hingga mengental dan kaku, lalu masukkan air jeruk agar tidak amis.

Setelah semua komponen siap. Masukkan filling ke dalam tart shell lalu semprotkan meringue dengan piping bag diatas tart sesuai selera. Baked in preheated oven for 10 minutes or until meringue is golden brown an filling is set.

Bon Appetit !


You Might Also Like

0 comments

Subscribe My Youtube Channel

Instagram